Sistem Informasi Berbasis Komputer dan Artificial Intellegence

Pendahuluan

Banyak orang yang memakai komputer, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Merakapun menggunakan komputer untuk berbagai hal dari hanya untuk bermain game sampai urusan pekerjaan yang membutuhkan software-software yang rumit. Tetapi, masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu sistem informasi berbasis komputer dan artificial intellegence, berikut akan dijelaskan apa itu  sistem informasi berbasis komputer dan artificial intellegence.

Definisi

A. Sistem Informasi Berbasis Komputer

Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan basis komputer. (Lebih jelas klik!)

B. Artificial Intellegence

Artificial Intellegence atau dalam bahasa indonesia adalah kecerdasan buatan, didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. (Lebih jelas klik!)

Contoh Aplikasi

Berikut merupakan contoh aplikasi dari sistem informasi berbasis komputer dan artificial intellegence:

  1. Sistem Pakar. Sistem pakar atau expert system adalah sebuah sistem informasi yang memiliki kecerdasan buatan atau artificial intellegence yang menyerupai kecerdasan manusia. Sistem pakar mirip  bertujuan menyediakan dukungan pemecahan masalah tingkat tinggi untuk pemakai. Kemampuan ES untuk menjelaskan alur penalarannya dalam mencapai suatu pemecahan tertentu. Sangat sering terjadi penjelasan cara pemecahan masalah ternyata lebih berharga dari pemecahannya itu sendiri. (Lebih jelas klik!)
  2. Sistem Pengambilan Keputusan. Dalam upaya memecahkan masalah seorang problem solver akan banyak membuat keputusan. Keputusan harus diambil untuk menghindari atau mengurangi dampak negatif atau untuk memanfaatkan peluang. (Lebih jelas klik!)

Kesimpulan

Jadi, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi berbasis komputer dan artificial intellegence merupakan dua hal yang saling berkesinambungan. Dimana sistem informasi berbasis komputer menyediakan data, informasi, sistem, sistem informasi dan basis komputer dan artificial intellegence menggunakan semua itu untuk agar dapat melakukan pekerjaan yang dapat dilakukan manusia.

Daftar Pustaka

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan
  2. http://www.perpuskita.com/cbis/624/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s