Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi

A. Arsitektur Komputer

Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.

baganSumber gambar: http://yohanes_ari.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/…/pemrosesan+komp.pdf

Penjelasan gambar:

  1. Central processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit sistem computer yang lain dan mengubah input menjadi output. Adapun bagian-bagian CPU adalah: a) Primary storage (penyimpanan primer), berisi data yang sedang diolah dan program. b) Control unit (unit pengendali), membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem. c) Arithmatika and logical Unit , tempat berlangsungkan operasi perhitungan matematika dan logika.
  2. Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage.
  3. Secondary storage (penyimpanan sekunder), menyedikan tempat untuk menyimpan program dan data saat tiak digunakan.
  4. Unit Output, mencatat hasil pengolahan.

B. Struktur Kognisi

Menurut seorang tokoh yang bernama Ausabel ia mengemukakan bahwa struktur kognitif merupakan organisasi pengertahuan atau dengan kata lain bahwa struktur kognitif dapat disebut sebagai pengetahuan struktur kognitif seseorang tidak lain adalah organisasi pengetahuan faktual yang diperoleh dari lingkungan.

Struktur kognisi manusia adalah otak. Proses berfikir manusia sama halnya seperti proses kerja computer yang terdiri dari 3 tahap, yaitu :

  1. Tahap 1 : memasukkan informasi (input) ditangkap lewat panca indera.
  2. Tahap 2 : pemrosesan informasi (storage) melalui otak.
  3. Tahap 3 : pengeluaran informasi yang telah diolah (output) berupa ide / perilaku.
Image
C. Kesimpulan
Pada dasarnya struktur komputer merupakan analogi dari struktur kognisi manusia. Input sebuah komputer, sebut saja mouse dan monitor, merupakan panca indera bagi manusia selanjutnya dari input tersebut diolah oleh otak bagi manusia dan CPU bagi komputer. Struktur komputer bisa dibilang lebih sederhana dibandingkan dengan struktur kognisi manusia, karena struktur kognisi merupakan hal yang dinamis, yg bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, berbeda dengan struktur komputer.
Referensi:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s