PSIKOLOGI LINTAS BUDAYA

Hello world! its been a long long loooongggg time since my last post, honestly, I only write a blog for my assignment, lol. But here we go, kita akan membahas tentang psikologi lintas budaya! Kita akan membahas mulai dari definisi dan tujuan psikologi lintas budaya, hubungan psikologi lintas budaya dengan ilmu lainnya, sampai perbedaan psikologi lintas budaya dengan psikologi inigenous, dll. Who’s excited?????????????

Pertama, kita harus tahu dulu apa itu psikologi lintas budaya?

Hmmmm…………. anyone knows?

Okay, its better if i google it, lol

A DECADE LATER………………………………..

Here’s what I got from many source tentang psikologi lintas budaya:

Psikologi lintas budaya adalah kajian mengenai persamaan dan perbedaan dalam fungsi individu secara psikologis, dalam berbagai budaya dan kelompok etnik mengenai hubungan-hubungan di antara ubahan psikologis dan sosio-budaya, ekologis, dan ubahan biologis serta mengenai perubahan-perubahan yang berlangsung dalam ubahan-ubahan tersebut.

Menurut Segall, Dasen, dan Poortinga, dalam wikipedia, psikologi lintas-budaya adalah kajian mengenai perilaku manusia dan penyebarannya, sekaligus memperhitungkan cara perilaku itu dibentuk dan dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan sosial dan budaya. Definisi ini mengarahkan perhatian pada dua hal pokok: keragaman perilaku manusia di dunia dan kaitan antara perilaku terjadi. Definisi ini relatif sederhana dan memunculkan banyak persoalan.

Sejumlah definisi lain mengungkapkan beberapa segi baru dan menekankan beberapa kompleksitas: 1. Riset lintas-budaya dalam psikologi adalah perbandingan sistematik dan eksplisit antara variabel psikologis di bawah kondisi-kondisi perbedaan budaya dengan maksud mengkhususkan antesede-anteseden dan proses-proses yang memerantarai kemunculan perbedaan perilaku.

Tujuan Psikologi Lintas Budaya

Terdapat tiga tujuan mempelajari psikologi lintas budaya menurut Berry & Dasen (1974), yaitu:

  1. Transport and test goal. Hasil sebuah research diuji daya serapnya dalam kelompok manisia lain, bertujuan untuk mengetahui universality dari sebuah penelitian.
  2. Untuk menemui variasi psikologis yang tidak dijumpai dalam pengalaman budaya seseorang.
  3. Menjalin dan mengintegrasikan kedalam wawasan yang luas, juga memebentuk sebuah konstruksi yang lmendekati universal.

Hubungan Psikologi Lintas Budaya Dengan Ilmu Lain

  1. Hubungan psikologi lintas budaya dengan antropologi.

Hubungan psikologi lintas budaya dengan ilmu antropologi adalah cabang antropologi juga berpusat pada penelitian variasi kebudayaan di antara kelompok manusia. Antropologi budaya mengumpulkan data mengenai proses ekonomi dan politik global atas budaya lokal. Para antropolog budaya menggunakan berbagai metode, termasuk pengamatan partisipatif (participant observation), wawancara dan angket statistik. Penelitian mereka sering dikatakan pekerjaan lapangan karena sang antropolog harus menetap untuk waktu yang cukup lama di lapangan penelitiannya.

2. Hubungan psikologi lintas budaya dengan ilmu sosial

Hubungan psikologi lintas budaya dengan ilmu sosial adalah sama-sama mempelajari tentang hubungan antara manusia dan kelompok. Para ahli dalam bidang interdisipliner ini pada umumnya adalah para ahli psikologi atau sosiologi, walaupun semua ahli psikologi sosial menggunakan baik individu maupun kelompok sebagai unit analisis mereka. Psikologi sosial sempat dianggap tidak memiliki peranan penting, tapi kini hal itu mulai berubah. Dalam psikologi modern, psikologi sosial mendapat posisi yang penting. Psikologi sosial telah memberikan pencerahan bagaimana pikiran manusia berfungsi dan memperkaya jiwa dari masyarakat kita. Melalui berbagai penelitian laboratorium dan lapangan yang dilakukan secara sistematis, para psikolog sosial telah menunjukkan bahwa untuk dapat memahami perilaku manusia, kita harus mengenali bagaimana peranan situasi, permasalahan dan budaya.

Beda Psikologi Lintas Budaya Dengan Psikologi Indigenous, Psikologi Budaya, dan Antropologi

Psikologi indigenous dapat didefinisikan sebagai pandangan psikologi yang asli pribumi dan memiliki pemahaman mendasar pada fakta-fakta atau keterangan yang dihubungkan dengan konteks kebudayaan setempat.

Perbedaan psikologi lintas budaya dan psikologi indigenous berdasarkan data yang terhimpun adalah psikologi lintas budaya merupakan sebuah KAJIAN, yang berarti psikologi lintas budaya adalah sebuah hasil pembelajaran yang mendalam, tentang perbedaan dan persamaan INDIVIDU dalam budaya dan etnik. Sedangkan psikologi indigenous adalah sebuah PANDANGAN/PAHAM psikologi asli suatu KELOMPOK manusia yang dihubungkan dengan kebudayaan setempat.

Psikologi budaya adalah studi tentang cara tradisi budaya dan praktek sosial meregulasikan, mengekspresikan, mentransformasikan dan mengubah psike manusia. Psikologi budaya adalah studi tentang cara subjek dan objek, self dan other, psike dan budaya, person dan konteks, figure dan ground, praktisi dan praktek hidup bersama, memerlukan satu sama lain.

Perbedaan dengan psikologi lintas budaya adalah psikologi budaya mempelajari bagaimana budaya dan praktek sosial dapat berpengaruh kepada manusia. Sedangkan psikologi lintas budaya, seperti yang sudah dibahas diatas, merupakan sebuah kajian, yang berarti psikologi lintas budaya adalah sebuah hasil pembelajaran yang mendalam, tentang perbedaan dan persamaan individu dalam budaya dan etnik.

Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama, antropologi mirip seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya.

Perbedaan keduanya terletak pada subjek yang dipelajari, antropologi mempelajari masyarakat tunggal, sedangkan psikologi lintas budaya mempelajari inividu.

REFERENSI

Kawaguchi, Hasan. 2012. Tujuan Paikologi Lintas Budaya. http://kulpulan-materi.blogspot.com/2012/03/tujuan-psikologi-lintas-budaya.html. Diakses pada 12 Oktober 2012.

Pratama, Ayu Mega. 2012. Psikologi Lintas Budaya. http://tamadibalikamat-dayak.blogspot.com/2012/01/psi-kologi-lintas-budaya.html. Diakses pada  12 Oktober 2012.

Anonim. Psikologi Lintas Budaya. http://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi_lintas_budaya.

Al-Rosyid, Muhammad Harun. 2012. Psikologi Lintas Budaya. http://harun37.word-press.com/2012/09/26/psikologi-lintas-budaya/. Diakses pada 12 Oktober 2012.

Anonim. Pengertian dan tujuan dari Psikologi Lintas Budaya serta menjelaskan hubungannya antara Psikologi Lintas Budaya dengan disiplin ilmu yang lain. http://blog2future.blogspot.com/2012/10/pengertian-dan-tujuan-dari-psikologi.html. Diakses pada 12 Oktober 2012.

Thats it!

Thanks for the sources, god bless you!

Btw, I still wondering is there anyone out there who reads my blog?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s