Komunikasi di Internet

Ada banyak komunikasi di internet. Komunikasi melalui e-mail, chatting, dll. Saya akan membahas komunikasi yang sedang ngetren disaat sekarang, yaitu chatting. Chating dalam Bahasa Indonesia berarti ngobrol/bercakap-cakap, dan di internet dengan chating kita bisa mengobrol dengan teman, keluarga/saudara atau mungkin mencari teman baru yang berada di seluruh dunia. Chatting adalah suatu feature/program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.

Biasanya untuk chatting, kita memerlukan aplikasi chatting, seperti Mirc, Yahoo! Messenger, Skype, dll. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang aplikasi chatting: a) Real time, aplikasi chatting dijelaskan sebagai suatu aplikasi yang memungkinkan pengguna berkomunikasi tekstual secara langsung (live/real time) dengan pengguna lain. b) Nickname, pengguna harus memasukkan nickname (tanpa password) sebagai identifikasi unik dalam sistem. Nickname tersebut berlaku dan dikenali oleh sistem selama masa sesi pengaksesan berlangsung, hingga pengguna “keluar” dari ruang chatting atau browser ditutup. c) Public room, komunikasi berlangsung dalam sebuah ruang chatting virtual (public room) yang berisi banyak orang. Ketika masuk, pengguna langsung tergabung ke dalam public room di mana di ruang tersebut pesan dari seorang pengguna dapat dibaca oleh semua pengguna yang lain. d) Send message, pengguna dapat mengetikkan teks percakapan pada suatu area pengetikan pesan, dan menekan sebuah tombol (atau Enter) untuk mengirimkan teks tersebut. Teks pesan percakapan dari semua pengguna ditampilkan pada suatu area tampilan percakapan, terurut berdasarkan waktu diterimanya pesan tersebut oleh server. Pesan yang terakhir ditampilkan di bawah. e) Auto refresh, area tampilan percakapan otomatis diupdate selama beberapa detik sekali (dan pada saat pengguna mengirimkan pesan baru) sehingga pengguna selalu mengetahui percakapan pengguna lain yang sedang berlangsung tanpa harus melakukan refresh halaman secara manual.

Beberapa aplikasi Chatting

  1. Mirc
  2. Yahoo! Messenger
  3. Skype
  4. Ebuddy
  5. Nimbuz

Referensi

a. NN. Pengertian dan Etika Chatting. http://masterzukhruf.blogspot.com/2009/06/pengertian-dan-etika-chatting.html. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2011.

b. NN. Apa Itu Chatting. http://nyunyunrames.wordpress.com/2007/09/13/apa-itu-chatting. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s