Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu adalah sifat naluriah yang dimiliki manusia sejak lahir. Rasa ingin tahu juga merupakan salah satu mekanisme pertahanan hidup manusia. Dari rasa ini manusia memiliki kencenderungan untuk mengetahui hal yang belum diketahui sebelumnya.

Rasa ingin tahu sebagai sifat naluriah

Pada periode babyhood, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar, sering bertanya kepada orang tuanya. Ini membuktikan bahwa sejak kecil manusia memiliki rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu tersebut timbul tanpa dilatih dan tanpa belajar.

Rasa ingin tahu ini berlanjut pada tahap-tahap selanjutnya pada kehidupan manusia sampai manusia tersebut mati atau meninggal dunia.

Rasa ingin tahu sebagai mekanisme pertahanan hidup

Manusia adalah makhluk hidup yang bergantung pada makhluk hidup lainnya. Sebagai contoh, dalam memproduksi makanan, manusia tidak bisa menghasilkan bahan makanan sehingga utuk mendapatkan bahan makanan manusia harus mendapatkannya dari makhluk hidup lain.

Dari sini, karena manusia memiliki akal, manusia mencari cara untuk mendapatkan bahan makanan. Sebagai contoh, pada masa purba manusia menggunakan tombak untuk membunuh mangsa dan menjadikan mangsanya sebagai bahan makanan. Nah, tombak ini adalah hasil dari rasa ingin tahu manusia sehingga menghasilkan teknologi dan pengetahuan yang menjadi mekanisme pertahanan hidup manusia.

Sampai hari ini, manusia memanfaatkan rasa ingin tahu untuk ketahanan hidupnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s